Prinsip-Prinsip Kedisiplinan dalam Pendekatan Fisik Guru Kepada Murid dalam Pandangan Asas Kepastian dan Perlindungan Hukum
Abstract
Penelitian ini membahas prinsip-prinsip kedisiplinan dalam pendekatan fisik guru kepada murid, ditinjau dari perspektif asas kepastian hukum dan perlindungan hukum. Disiplin dalam pendidikan adalah komponen penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, namun, pendekatan fisik yang digunakan guru sering kali menjadi kontroversial karena dapat melanggar hak-hak siswa. Studi ini mengkaji bagaimana penerapan tindakan disiplin fisik oleh guru diatur oleh hukum dan sejauh mana hal tersebut sesuai dengan asas kepastian hukum yang menjamin kejelasan aturan serta asas perlindungan hukum yang melindungi hak-hak individu, khususnya siswa. Dalam konteks hukum nasional dan internasional, tindakan fisik oleh pendidik harus dibatasi oleh norma hukum yang jelas untuk mencegah pelanggaran hak asasi manusia dan memastikan bahwa siswa dilindungi dari perlakuan yang tidak adil. Abstraksi ini menekankan bahwa pendekatan fisik dalam disiplin harus dievaluasi secara hati-hati untuk menghindari pelanggaran hukum dan untuk memastikan bahwa tindakan tersebut dilakukan dalam batas-batas yang diatur oleh regulasi yang ada, sesuai dengan prinsip-prinsip kepastian hukum dan perlindungan hukum. Studi ini memberikan pemahaman tentang pentingnya kebijakan disiplin yang berimbang dan berlandaskan hukum dalam konteks pendidikan
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.