MAKNA POSYANDU SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN NON FORMAL DI MASA PANDEMIC COVID 19

  • Dewi Ratna Juwita FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Kondisi sosial masyarakat selama masa pandemi Covid 19 ini berpengaruh terhadap pelayanan kesehatan bayi dan balita di posyandu, termasuk pelayanan imunisasi di tengah pandemi covid 19, seluruh konsentrasi pelayanan dan kesehatan tertuju pada covid 19 oleh karena itu pembina posyandu dalaam hal ini puskesmas tetap harus mendorong posyandu untuk aktif dalam pelayanan kesehatan bayi dan balita dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan masyarakat. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana Makna Layanan Kesehatan Bayi Dan Balita Di Masaa Pandemi Covid 19 Di Posyandu Mekar Sari Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya dan bagaimana gambaran pelaksanaan posyandu selama masa pandemi covid 19.


Metode penelitian menggunakan Pendekatan Kualitatif  dengan Jenis Penelitian Studi Kasus dan Subjek Penelitian adalah Kader Posyandu dan  ibu-ibu di wilayah  posyandu Mekar Sari Kampung Baru. Teknik Pengumpulan Data : Observasi, Wawancara, Dokumentasi dan Prosedur Pengolahan data menggunakan Pengumpulan Data, Reduksi Data, Penyajian Data, Verifikasi Data Uji Keabsahan Data Kredibilitas, Transferbilitas, Dependabilitas.


Hasil penelitian adalah (1). Penyelenggaraan atau pelaksanaan kegiatan posyandu Mekar Sari Kampung Baru telah terselenggara dengan baik, karena dari semua layanan di masing-masing meja layanan kegiatan Posyandu sudah berfungsi dengan baik, namun demikian tadi, di era pandemi covid 19 kader dan pembina posyandu harus lebih kreatif dalam memberikan pelayanan karena pada masa pandemi kehadiran masyarakt sangat menurun. Dengan demikian diperlukan kreatifitas pelayanan yang berbasis teknologi informasi sehingga pemantauan dan pelayanan kesehatan pada bayi dan balita dapat terus dilakukan. (2). Posyandu sebagai agensi pendidikan luar sekolah dimaknai memiliki arti dan makna penting bagi pemenuhan kebutuhan ibu-ibu peserta Posyandu. Ibu-ibu memandang Posyandu sebagai sebuah sarana dan wahana belajar bagi mereka untuk memenuhi kebutuhan belajarnya akan pelayanan kesehatan terutama untuk keluarga bayi dan balita mereka, pemenuhan kebutuhan gizi anak, pemantauan perkembangan anak dapat mereka dapatkan dari pelayanan posyandu yang dilakukan setiap bulannya, apalagi di masa pandemi covid 19 kebutuhan akan layanan penyuluhan, sharing kesehatan dan pemenuhan gizi kelurga bayi dan balita merupakan proiritas utama bagi ibu-ibu dan masyarakat di wilayah posyandu mekar Sari Kampung Baru Kecamatan Pahandut Kelurahan Pahandut Kota Palangka Raya. (3). Masyarakat di wilayah posyandu Mekar Sari Kampung Baru telah memiliki kesadaran yang tinggi akan pelayanan kesehatan sehingga sangat terbuka dan antusias terhadap berbagai layanan sosial masyarakat yang diberikan di sekitar wilayahnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 25, 2020
How to Cite
JUWITA, Dewi Ratna. MAKNA POSYANDU SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN NON FORMAL DI MASA PANDEMIC COVID 19. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 1-15, june 2020. ISSN 2303-0100. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/159>. Date accessed: 24 sep. 2020.