ATENSI SISWA PUTRI DALAM PEMBELAJARAN LONCAT KANGKANG KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 10 PALANGKA RAYA
Abstract
Penelitian ini berangkat dari fenomena rendahnya minat peserta didik putri dalam pembelajaran loncat kangkang, yang merupakan salah satu cabang pembelajaran olahraga tradisional yang bermuatan lokal. Penelitian ini bertujuan mengetahui penyebab kurang berminatnya peserta didik putri dalam pembelajaran loncat kangkang kelas X SMAN 10 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu peserta didik putri kelas X SMAN 10 Palangka Raya berjumlah 10 peserta didik dengan nilai masih dibawah KKM. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dari Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyebab kurang berminatnya peserta didik putri ini berdasarkan faktor intrinsik yaitu peserta didik putri tidak menyukai materi loncat kangkang tetapi lebih menyenangi olahraga lain yang bersifat permainan, beberapa anak yang obesitas tidak yakin untuk melakukukan dan juga adanya perasaan takut sehingga mempengaruhi perhatian peserta didik yang berdampak dengan ketidakmauan peserta didik putri untuk terlibat dalam pembelajaran materi loncat kangkang. Ketakutan tersebut juga berhubungan dengan faktor ekstrinsik yaitu kurangnya sarana dan prasarana yang menunjang pembelajaran loncat kangkang termasuk metode mengajar guru yang belum mampu mengemas pembelajaran yang menarik sehingga faktor ekstrinsik dan intrinsik menjadi penyebab kurang berminatnya peserta didik putri terhadap materi loncat kangkang.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.