Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Penjaskes Kelas IV SDN 2 Baamang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur
Abstract
Tujuan adalah untuk mengetahui (1). Motivasi siswa tehadap pembelajaran Penjaskes di kelas IV SDN 2 Baamang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2021/2022 dan (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Penjaskes di kelas IV SDN Baamang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta ditunjang dengan studi kepustakaan/menggunakan literatur-literatur yang relevan dengan kajian penelitian. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Baamang Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur tahun pelajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa 20 orang. Teknik pengumpulan data dari penelitian adalah sebagai berikut Angket dan Tes. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah dilakukan melalui olah data penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran Penjaskes memberikan hasil yang positif dan tinggi, terlihat dari munculnya kriteria penilaian yang ditetapkan dan skor rata-rata penilaian dengan kategori baik. Ulangan Tengah Semester (UTS) yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa terhadap pelajaran Penjaskes menunjukkan hasil yang sangat baik dengan skor rata-rata 85. Hasil belajar menjadi sangat baik dan tuntas. Dengan demikian maka jika motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran positif dan sangat tinggi maka hasil belajar yang diperoleh akan baik bahkan meningkat dari hasil belajar sebelumnya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.