PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL KALIMANTAN TENGAH

  • Tutik Haryani
  • Sumiatie Sumiatie Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Pembentukan karakter Peserta didik sedang berlangsung dan terus menerus belajar melalui budaya lokal. Sumber penelitian ini difokuskan pada pengenalan terhadap warisan budaya yang terkandung terutama budaya lokal Kalimantan Tengah dalam media buku cerita untuk siswa sekolah dasar di Palangka Raya sebagai perwujudan budaya lokal Kalimantan Tengah dalam bentuk tradisi, agama, sosial, teknologi, dan seni. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1).Untuk mengkaji bagaimana karakteristik pengembangan media cerita bergambar anak dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Kalimantan Tenagh, (2). Untuk mengkaji bagaimana prinsip pengembangan media cerita bergambar anak dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Kalimantan
Tengah, dan (3). Untuk mengetahui bagaimana hasil pengujian produk media cerita bergambar anak dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Kaliamantan Tengah. Jenis Penelitian i n i a d a l a h Pengembangan (Research and Development atau R&D) digunakan apabila peneliti bermaksud menghasilkan produk tertentu, sekaligus menguji kelayakan produk tersebut. Dalam penelitian pengembangan ini menggunakan model procedural yang mendeskripsikan tahapan yang harus diikuti untuk menghasilkan produk media pembelajaran berupa cerita bergambar anak dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis kearifan lokal Kalimantan Tengah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 23, 2019
How to Cite
HARYANI, Tutik; SUMIATIE, Sumiatie. PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR ANAK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS KEARIFAN LOKAL KALIMANTAN TENGAH. JURNAL MERETAS, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 120 - 134, mar. 2019. ISSN 2303-0100. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/88>. Date accessed: 19 aug. 2019.