HUBUNGAN ANTARA KREATIVITAS DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
Abstract
Salah satu aspek yang dapat mendorong siswa agar dapat berprestasi dalam pendidikan adalah kreativitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara kreativitas dengan prestasi belajar. Untuk itu digunakan rancangan penelitian nonexperimental design dengan metode korelasional. Kreativitas diukur dengan menggunakan Tes Kreatifitas Verbal dan Figural yang disusun oleh Torrence (Munandar, 1977) dengan skala ordinal dan Prestasi Belajar diukur dengan melihat nilai raport kumulatif para siswa pada akhir semester yang diturunkan kedalam skala ordinal. Karena kedua variabel penelitian tersebut berskala ukur interval, maka pengujian hipotesis yang digunakan adalah rumus korelasi Pearson. Berdasarkan hasil uji signifikansi tersebut, diperoleh thitung sebesar 1,07. Dengan taraf signifikansi α=0,05 serta derajat kebebasan (dkn-2) =54 untuk pengujian dua sisi diperoleh harga ttabel sebesar 2.02. Kriteria uji yang digunakan adalah tolak H0 apabila thitung sama dengan atau lebih besar dari ttabel. Karena harga thitung = 1,07 lebih kecil dari pada harga ttabel sebesar 2,02 pada taraf siginifikansi 0,05, maka H0 diterima. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa tidak terdapat hubungan positif yang signifikan antara kreativitas dengan prestasi belajar.