MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN METODE BERCERITA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL “HUMA BACA ITAH” DESA SAMBA BAKUMPAI KECAMATAN KATINGAN TENGAH

  • Dewi Ratna Juwita

Abstract

Penelitian ini adalah jenis peneliti kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan pada metode eksperimen ini menggunakan True Experimental Design yang merupakan jenis penelitian yang sudah baik karena memenuhi persyaratan yaitu menggunakan kelompok pembanding dan kelompok kontrol dalam penelitian. Pola dari rancangan kegiatan penelitian dengan True
Experimental Design : menggunakan bentuk Control Group Pre-test-post-test. Dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan metode bercerita memberi pengaruh terhadap kepercayaan diri pada anak kelompok B2 (kelompok eksperimen) di Lembaga
Nonformal “Huma Baca Itah Desa” Samba Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah. Hal ini dapat dilihat dari perbedaan hasil belajar pada kelompok ekperimen dan kelompok kontrol, dimana kelompok eksperimen pembelajarannya menggunakan metode bercerita sedangan kelompok kontrol tidak menggunakan pembelajaran menggunakan metode bercerita.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 27, 2018
How to Cite
JUWITA, Dewi Ratna. MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK MELALUI PEMBELAJARAN METODE BERCERITA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON FORMAL “HUMA BACA ITAH” DESA SAMBA BAKUMPAI KECAMATAN KATINGAN TENGAH. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 92-108, aug. 2018. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/78>. Date accessed: 02 nov. 2024.