PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VIII SMPN 12 PALANGKA RAYA
Abstract
Faktor lingkungan keluarga merupakan pendukung untuk berlatih belajar mandiri. Perlu diciptakan lingkungan keluarga yang nyaman agar siswa betah belajar di rumah. Jika lingkungan tercipta dengan baik, siswa akan dapat meraih prestasi belajar yang memuaskan. Penelitian ini di laksanakan dengan pendekatan kuantitatif yang menguji hubungan serta pengaruh variabel bebas lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya. Pengaruh dianalisis dengan mengadakan uji T dan uji F, sert melihat hubungan dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, 1. Analisis regresi pengaruh lingkungan keluarga dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar IPS siswa Y = 42,145 + 0,892.XI + 0,855.X; 2. Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya; 3. Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya; 4. Lingkungan keluarga dan Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas VIII SMPN 12 Palangka Raya.