PENGARUH KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA

  • Dedy Norsandi

Abstract

Kuliah Kerja Lapangan merupakan bagian dari akademik dalam memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang pengkajian fenomena geosfer yang mencakup aspek fisik, sosial, ekonomi dan budaya melalui pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kewilayahan sehingga secara tidak langsung adalah penerapan teori yang didapat ketika perkuliahan dan memudahkan pemahaman mahasiswa. Kuliah Kerja Lapangan sebagai salah satu metode pembelajaran sangat membantu di dalam mengembangkan kemampuan analisis interpretasi, menilai hubungan kausal, pelajaran lapangan juga akan sangat berguna dalam hal menyamakan persepsi dan yang lebih penting adalah meningkatkan kualitas mahasiswa yang berupa prestasi belajar mahasiswa Pendidikan Geografi. Penelitian ini merupakan penelitian populasi karena jumlah populasinya hanya 29 mahasiswa Pendidikan Geografi angkatan 2013. Variabel yang diteliti yaitu: variabel bebas hasil belajar KKL (X), sedangkan untuk variabel terikatnya adalah prestasi belajar (IP) mahasiswa (Y). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket dan nilai. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan teknik analisis statistik regresi ganda. Hasil penelitian diperoleh Fhitung 50.241 dengan probabilitas 0.00 < 0.05, yang berarti Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara hasil belajar Kuliah Kerja Lapangan terhadap prestasi belajar (IP) mahasiswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 27, 2018
How to Cite
NORSANDI, Dedy. PENGARUH KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS PGRI PALANGKA RAYA. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 66-71, aug. 2018. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/75>. Date accessed: 19 apr. 2024.