IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSIF PADA SDN 9 PALANGKA DI KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan inklusif di SDN 9 Palangka, (2) mengetahui tingkat kesiapan Guru dalam penyelenggaraan pendidikan inklusif dikota Palangka Raya, (3) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan hambatan yang mempengaruhi implementasi kebijakan pendidikan inklusif di Palangka Raya. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif,Lokasi Penelitian bertempat di SDN 9 Palangka kota Palangka Raya. Metode penarikan sampel adalah purposive sampling..Sumber Data berasal dari Informen,Dokumen,atau arsip. Teknik Pengumpulan Data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis Data menggunakan Analisis Interaktif Miles-Huberman sedangkan Validitas Datanya menggunakan triangulasi teknik atau Triangulasi sumber. Hasil penelitian implementasi kebijakan pendidikan inklusif adalah (1) Pada dimensi komunikasi atau sosialisasi tentang penyelenggaraan pendidikan inklusif bahwa implementasi pelaksanaan pendidikan inklusif belum sepenuhnya berjalan dengan baik. (2) Sumber daya dari aspek yang belum memadai misalnya sarana dan prasarana dan jumlah guru pembimbing khusus yang masih kurang untuk menangani anak berkebutuhan khusus (3) Pada dimensi disposisi penerimaan guru terhadap anak berkebutuhan khusus sangat baik, namum dari aspek pemberian insentif oleh (Direktorat atau Dinas pendidikan Kota Palangka Raya) sangat belum memadai baik insentif untuk guru maupun untuk sekolah. Sedangkan pada dimensi struktur birokrasi juga kurang memadai, hal ini terlihat belum adanya tim khusus yang menangani anak berkebutuhan khusus, seperti : guru pembimbing khusus, tim ahli dari berbagai disiplin ilmu (dokter,psikolog, dll).