PERAN KETUA PENYELENGGARA PLS (PROGRAM LUAR SEKOLAH) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PAKET C AL-JAZIRA

  • Mahdalina Mahdalina

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ketua penyelenggara PLS (Program Luar Sekolah) dalam pelaksanaan program Paket C Al-jazira dan untuk mengungkap fokus penelitian tersebut, digunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dilakukan selama pengumpulan data dan sesudah semua data terkumpul dengan menggunakan model analisis data interaktif. Model ini terdiri dari tiga hal, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber maupun metode. Temuan penelitian yang berhasil diperoleh adalah: 1). Peran ketua penyelenggara PLS sebagai motivator: menyediakan fasilitas ruangan yang cukup, mengidentifikasi kendala yang mungkin akan timbul, melakukan pembagian tugas kerja, memberikan dorongan, bimbingan, serta arahan kepada para tutor, memberikan penghargaan kepada tutor yan berprestasi. 2). Peran ketua penyelenggara PLS sebagai fasilitator: menyediakan fasilitas sarana dan prasarana belajar yang dibutuhkan tutor, membagi tugas mengajar sesuai kemampuan personil, membuat kewenangan dan mekanisme koordinasi kerja, memberikan perhatian metode kerja tutor, dan memberikan kesempatan tutor mengikuti pelatihan dan diklat. 3) Peran ketua penyelenggara PLS sebagai supervisor: melakukan antisipasi yang dtemkan, mengontrol kegiatan yang dilaksanakan dalam program, membagi jadwal kerja sesuai kemampuan tutor, melakukan kegiatan remedial terhadap hasil mengajar tutor dan hasil belajar warga belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Aug 27, 2018
How to Cite
MAHDALINA, Mahdalina. PERAN KETUA PENYELENGGARA PLS (PROGRAM LUAR SEKOLAH) DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PAKET C AL-JAZIRA. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 22-28, aug. 2018. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/71>. Date accessed: 02 nov. 2024.