PENANAMAN NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DAN PATRIOTISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 2 PALANGKA RAYA

  • Sumiatie Sumiatei

Abstract

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1). Sikap Patriotisme dan wawasan kebangsaan semakin terdegradasi. (2). Kurang menyadari pentingnya pendidikan moral. (3).
Kurangnya waktu dalam penyampaian materi. (4). Kesadaran tentang pembelajaran sejarah rendah. (5). Guru sejarah yang masih menggunakan teknik ceramah.(6). Siswa kurang
berminat dalam mengikuti pembelajaran sejarah. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif, teknik pengambilan data dalam penelitian dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis
kualitatif. Hasil penelitian menunjukan: (1) Proses pembelajaran sejarah di SMA PGRI 2 Palangka Raya dilakukan oleh guru sejarah dengan menyiapkan perangkat pendukung
pembelajaran. Proses pembelajaran di SMA PGRI 2 Palangka Raya sudah berjalan dengan baik; (2) Usaha guru dalam menanamkan nilai wawasan kebangsaan dan patriotism di SMA
PGRI 2 Palangka Raya juga mengunakan strategi-strategi dalam penanamannya. (3) Kendala yang dihadapi dalam penanaman nilai wawasan kebangsaan dan patriotisme antara lain
kurangnya alokasi waktu pelajaran dan adanya siswa yang kurang memperhatikan materi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Apr 3, 2018
How to Cite
SUMIATEI, Sumiatie. PENANAMAN NILAI WAWASAN KEBANGSAAN DAN PATRIOTISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PGRI 2 PALANGKA RAYA. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 137-148, apr. 2018. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/60>. Date accessed: 02 nov. 2024.