Pengelolaan Manajemen Jenjang Pendidikan Menengah dan Khusus pada Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan inovasi manajemen pelayanan pengelolaan pendidikan menengah dan khusus di Kalimantan Tengah. Bagaimanan inovasi pelayanan manajemen pendidikan Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah dalam mencapai indikator kinerja utama dalam aksesibilitas pelayanan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi, dan tata kelola pendidikan menengah dan khusus dalam mewujudkan Kalteng Berkah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik: (1) wawancara mendalam (indepth interview), (2) observasi partisipan (participant observation), dan (3) studi dokumentasi (study of document). Penetapan informan sebagai sumber data dilakukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola interaktif Miles dan Huberman (1994). Pengecekan keabsahan data menggunakan derajat kredibilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum pelaksanaan kebijakan utama yaitu (1) pelayanan aksesibilitas SMA/SMK/SB; (2) pelayanan peningkatan mutu dan relevansi pendidikan SMA/SMK/SLB; dan (3) tata kelola lembaga satuan pendidikan perlu ditingkatkan dengan baik dalam upaya mencapai target indikator kunci utama yang ditetapkan. Aksesibilitas SMA/SMK/SLB masih rendah, terutama pelayanan akses pendidikan kepada masyarakat usia sekolah di daerah
pedesaan/pedalaman. Demikian dengan kualitas Mutu dan Relevansi SMA/SMK/SLB masih banyak dijumpai para guru belum mampu menyajikan pembelajaran yang lebih efektif dan menyenangkan dengan bagi siswa. Hal ini disebabkan belum optimalnya proses supervisi dan pembinaan oleh pengawas sekolah. Demikian Tata Kelola Pendidikan SMA/SMK/SLB menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Kondisi saat ini yang menjadi persoalan adalah bagaimana pembinaan SMA/SMK/SLB yang berada di kabupaten/kota, sementara di kabupaten/kota belum terbentuk Cabang Dinas. Selain itu tata kelola pendidikan di sekolah masih banyak dengan sistem manual sangat berdampak terhadap tingkat kecepatan dan keakuratan informasi
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.