Peningkatan Kemampuan Lompat Tinggi melalui Pendekatan Bermain pada Siswa Kelas V SDN 6 Bukit Tunggal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat tinggi melalui pendekatan bermain lompat dengan rintangan kardus atau boks dan bermain lompat menggunakan mistar karet pada siswa kelas V SDN 6 Bukit Tunggal. Desain penelitian kelas yang dilakukan pada penelitian ini adalah desain yang dikemukakan oleh Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menggunakan cara observasi, yaitu dengan mengamati perilaku siswa sebelum pembelajaran, selama proses pembelajaran berlangsung dan sesudah pembelajaran. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket tanggapan siswa dan lembar pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran lompat tinggi yang dilakukan dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan motivasi, kerjasama, dan gerak lompat tinggi pada siswa SD kelas V.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.