Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Di SMAN 2 Banama Tingang

  • Duca Elkaharap Universitas PGRI Palangka Raya
  • Silvia Arianti Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya nilai KKM pada pembelajaran Geografi siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Banama Tingang. Metode diskusi merupakan salah satu metode yang efektif digunakan oleh guru yang dapat membantu guru untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran khususnya dalam pelajaran Geografi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa, respon siswa terhadap pembelajaran serta ketuntasan hasil belajar siswa setelah penerapan metode diskusi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu : (1) Penyusunan Rencana, (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi Tindakan dan (4) Refleksi atas tindakan yang dilaksanakan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II menggunakan penerapan metode diskusi dengan subjek 21 orang siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Banama Tingang. Hasil penelitian dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 33,2%. Pada siklus I nilai rata-rata siswa adalah 69,2 dengan ketuntasan sebesar 57,2% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 80 dengan ketuntasan sebesar 90,4%. Berdasarkan hasil penelitian tesebut terbukti bahwa penerapan metode diskusi kelompok kecil mampu meningkatkan hasil belajar pada pelajaran ips siswa kelas XII IPS 1 SMAN 2 Banama Tingang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2023
How to Cite
ELKAHARAP, Duca; ARIANTI, Silvia. Penggunaan Metode Diskusi Kelompok Kecil dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Geografi Siswa Di SMAN 2 Banama Tingang. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 104-111, dec. 2023. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/490>. Date accessed: 24 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v10i2.490.