Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX-1 SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya Tahun Pelajaran 2023/2024

  • Sri Widayati SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini berawal dari rendahnya minat belajar siswa pada pembelajaran IPA sehingga menyebabkan rendahnya hasil belajar IPA kelas IX – 1 SMP Islam Nurul Ihsan
Palangkaraya. Melalui penelitian tindakan kelas (PTK) masalah ini dicoba untuk diatasi dengan model pembelajaran tipe STAD. PTK dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX – 1 SMP Islam Nurul Ihsan Palangkaraya. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan prosedur yang berbentuk siklus, yang terdiri dari tiga kegiatan pokok yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai peserta didik meningkat dalam berkelompok, mengerjakan tugas-tugas, berfikir bersama, dan menjawab soal - soal. Hasil belajar peserta didik meningkat dan respon terhadap pembelajaran yang dilaksanakan positif. Dengan demikian dari pelaksanaan penelitian tindakan kelas melalui model model pembelajaran tipe STAD, pada siklus I, siklus II dan siklus III, disimpulkan bahwa dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada pokok bahasan Listrik Dinamis di SMP Islam Nurul Ihsan Palangkaraya tahun pelajaran
2023/2024.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2023
How to Cite
WIDAYATI, Sri. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Pembelajaran Koperatif Tipe STAD Siswa Kelas IX-1 SMP Islam Nurul Ihsan Palangka Raya Tahun Pelajaran 2023/2024. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 2, p. 97-103, dec. 2023. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/489>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v10i2.489.