Nilai-Nilai Edukatif dalam Permainan Tradisional Balogo pada Pembelajaran Penjas Di SDN-1 Sabuh Kecamatan Teweh Baru
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai edukatif dalam permainan tradisional Balogo pada Pembelajaran Penjas Di SDN-1 Sabuh Kecamatan Teweh Baru. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian adalah ketangkasan, kesehatan mental, keterampilan, problem solving, perdamaian, dan nilai sosial yang terdapat dalam permainan Balogo dengan sumber data observasi saat anak-anak bermain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, bentuk nilai-nilai edukatif dalam permainan tradisional Balogo dianalisis berdasarkan: (a) game of physical skill (bersifat keterampilan fisik) yang meliputi nilai ketangkasan dan nilai kesehatan mental, (b) game of strategy (bersifat siasat) yang meliputi nilai keterampilan dan problem solving , (c) game of change (bersifat untung-untungan) meliputi nilai perdamaian dan nilai sosial. Berdasarkan hasil analisis terhadap Game of physical skill, Game of strategy, dan game of change yaitu: (1) Game of physical skill (bersifat keterampilan fisik) yang meliputi nilai ketangkasan dan nilai kesehatan mental maka hasil analisisnya yaitu membantu anak untuk mengkomunikasikan perasaannya secara efektif dengan cara yang alami, mengurangi kecemasan, pengendalian diri, pelatihan konsentrasi; (2) Game of strategy
(bersifat siasat) yang meliputi nilai keterampilan dan problem solving maka hasil analisisnya yaitu lapangan dan pola atau bentuk logo dari tempurung adapun nilai problem solving yaitu pemain atau anak belajar memecahkan masalah; (3) Game of change (bersifat untung-untungan) meliputi nilai perdamaian dan nilai sosial maka hasil analisisnya yaitu dari segi nilai perdamaian terlihat tertibnya pemain saat menunggu giliran bermain dan dari segi sosial yaitu kompetisi, negosiasi, dan komunikasi.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.