Upaya Mengembangkan Kompetensi Skill Guru Penjaskes Di SMPN 21 Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan melalui Pemberian Konsep Pembelajaran Team Teaching Method (TTM)
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan kompetensi skill guru pendidikan jasmani dan kesehatan (Penjakes) di SMPN 21 Banjarmasin Kalimantan Selatan melalui konsep
pembelajaran team teaching method (TTM). Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Data-data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi pengolahan proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran Team Teaching Method, observasi aktivitas siswa dan guru, wawancara, dan tes formatif. Untuk mengalisis tingkat keberhasilan atau persentase keberhasilan siswa setelah proses belajar mengajar setiap putarannya dilakukan dengan cara memberikan evaluasi berupa soal tes tertulis pada setiap akhir putaran. Analisis ini dihitung dengan menggunakan statistic sederhana yaitu: menilai ulangan atau tes formatif ketuntasan belajar, lembar observasi, aktivitas guru. hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama tiga tahap dan berdasarkan seluruh pembahaan serta analisis yang telah dilakukan dapa disimpulkan yakni, pembelajaran dengan metode pembelajaran Team Teaching Method memiliki dampak positif dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan jasmani dan kesehatan yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.