Peningkatan Kompetensi Pedagogik dalam Menyusun RPP Melalui Supervisi Akademik Pada Guru SDN Rikut Jawu Kabupaten Barito Selatan
Abstract
Tujuan penelitian tindakan sekolah ini adalah untuk meningkatkan Kompetensi Guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui Supervisi akademik pada Guru SDN Rikut Jawu Kabupaten Barito Selatan, dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan standar kompetensi masing-masing pelajaran agar dapat menjadi acuan dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik mampu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan (action Research)yang terdiri dari 2 (dua) siklus, dan setiap siklus terdiri dari: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pada komponen Perumusan indikator tujuan pembelajaran, terlihat peningkatan menjadi 76,5%; (2) pada Komponen Penentuan bahan dan materi pembelajaran pada siklus II lebih menguat menjadi 72,9%; (3) dalam Komponen Pemilihan Strategi dan metoda pembelajaran meningkat menjadi 71,8%; (4) dalam komponen pemilihan Media dan alat pembelajaran juga terdapat adanya peningkatan dari
53,8% (5) Peningkatan komponen perencanaan evaluasi pembelajaran berhasil mencapai 70,6% pada akhir siklus 2; dan (6) Melihat data perolehan hasil penelitian dalam kegiatan penelitian tindakan sekolah ini, dapat disimpulkan bahwa supervisi akademik dapat meningkatkan Kompetensi Guru dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran pada Guru SDN Rikut Jawu Kabupaten Barito Selatan
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.