Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Nama dan Tugas Malaikat Allah SWT Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Tabatan
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Tabatan Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, dilaksanakan di SD Negeri Tabatan siswa kelas IV pada Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari data empiris hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penerapan
metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT dari kondisi awal nilai rata-rata 35,30 ke kondisi akhir pada siklus III nilai rata-rata 91,20 pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri Tabatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Disimpulkan bahwa melalui penerapan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.