Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Nama dan Tugas Malaikat Allah SWT Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Tabatan

  • Nasib Nasib SD Negeri Tabatan

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT pada Siswa Kelas IV Semester I SD Negeri Tabatan Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penerapan Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan bentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus, dilaksanakan di SD Negeri Tabatan siswa kelas IV pada Semester I Tahun Pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 10 siswa. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dari data empiris hasil penelitian menyatakan bahwa melalui penerapan
metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT dari kondisi awal nilai rata-rata 35,30 ke kondisi akhir pada siklus III nilai rata-rata 91,20 pada siswa kelas IV Semester I SD Negeri Tabatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Disimpulkan bahwa melalui penerapan metode smart game dan pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Nama-nama dan Tugas-tugas Malaikat Allah SWT.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jul 1, 2023
How to Cite
NASIB, Nasib. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Materi Nama dan Tugas Malaikat Allah SWT Metode Smart Game dan Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match pada Siswa Kelas IV Semester I SDN Tabatan. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 10, n. 1, p. 12-23, july 2023. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/373>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v10i1.373.