Pembelajaran Fisika Menggunakan Pendekatan Konseptual Interaktif dengan Setting Investigasi Kelompok Pada Materi Pokok Fluida Statis
Abstract
Pendekatan konseptual interaktif dengan seting investigasi kelompok merupakan rancangan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida statis setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan pendekatan konseptual interaktif dengan seting investigasi kelompok. Hasil analisis data menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep peserta didik untuk konsep fluida statis diperoleh skor rerata gain yang dinormalisasi sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan skor rerata gain normal yang diperoleh dari hasil analisis data penelitian, menunjukkan bahwa pendekatan konseptual
interaktif dengan seting investigasi kelompok efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada konsep fluida statis.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.