MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS X SMKN 1 AMUNTAI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP DENGAN MEDIA LEAFLET

  • Nida Nurahmah

Abstract

Pendidikan mempunyai tugas menyiapkan sumber daya manusia dalam pembangunan. Pembangunan selalu diupayakan sesuai dengan tuntutan zaman. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran SMKN 1 Amuntai pada semester ganjil tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah  45 orang, terdiri dari 20 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan selama 4 bulan dari bulan Januari sampai bulan April tahun 2017  yang meliputi tahapan perencanaan, penyusunan instrumen, pelaksanaan dan penyusunan laporan. Teknik analisis data digunakan secara deskriptif yang mengacu pada hasil data kuantitatif dan kualitatif.  Hasilnya Peserta didik kelas X SMKN 1 Amuntai Administrasi Perkantoran semester genap tahun pelajaran 2016/2017 sebagai subjek penelitian merupakan kelas yang cenderung pasif selama pembelajaran. Pemilihan metode peta konsep diharapkan dapat memacu peserta didik lebih aktif dalam belajar karena mereka bebas menuangkan hasil berpikir, imajinasi dan kreativitas dalam membuat peta konsep. Adapun pemilihan media leaflet digunakan sebagai salah satu sumber belajar bagi peserta didik, leaflet yang diberikan berisi ringkasan materi pelajaran yang akan peserta didik pelajari dan membuat peta konsep-nya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 16, 2017
How to Cite
NURAHMAH, Nida. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS X SMKN 1 AMUNTAI JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN PETA KONSEP DENGAN MEDIA LEAFLET. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 98-108, dec. 2017. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/37>. Date accessed: 02 nov. 2024.