MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI BEBAS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO PADA KELAS VII MTSN BANJAR SELATAN 1KOTA BANJARMASIN
Abstract
Penelitian ini berkenaan dengan Keterampilan Menulis Puisi Bebas dengan Menggunakan Media Video. Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan media video pada siswa kelas VII MTsN Banjar Selatan 1. Mengungkapkan aktivitas guru dan siswa. Memaparkan respon siswa kelas VII MTsN Banjar Selatan 1 dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan media video. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK (classroom Action Research). Objek penelitian adalah siswa Kelas VII MTsN Banjar Selatan 1Kota Banjarmasin.
Berdasarkan hasil penelitian tentang keterampilan menulis puisi bebas dengan menggunakan media video dapat disimpulkan sebagai berikut:Penggunaan media video pada murid kelas VII MTsN Banjar Selatan 1 ternyata dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi. Hasil kegiatan siswa pada kegiatan menulis puisi bebas sebelum dan sesudah menggunakan media ternyata ada peningkatan. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media video berhasil diterapkan dan mempermudah siswa dalam menulis puisi. Hasil belajar yang diperoleh siswa dari tes awal hingga akhir mengalami peningkatan, meskipun peningkatan tersebut tidak mencapai 100%. Walaupun pada peningkatan tersebut masih belum mencapai 100%, setidaknya nilai murid tersebut sudah mencapai nilai KKM dan nilai klasikal. Tapi setelah lanjut ke siklus II nilai mereka meningkat karena mereka merasa terbantu dengan adanya media video tersebut. Dan ketertarikan murid pada pembelajaran semakin banyak. Respon murid terhadap pembelajaran menulis puisi bebas dengan menggunakan media video juga meningkat. Media dibandingkan dengan tanpa media, termasuk media video. siswa merasa pembelajaran menggunakan media video lebih menyenangkan. Aktivitas guru dalam kegiatan belajar mengajar dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan. Siswa juga lebih aktif dalam pembelajaran, karena metode pembelajaran yang digunakan berbeda dari yang lainnya.