Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan

  • Rengan Rengan SDN Rikut Jawu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom  Action Reseach) dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan, penelitian  ini bertujuan  untuk meningkatkan  Ketrampilan membaca nyaring siswa kelas I  di Sekolah  Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Untuk meningkatkan Ketrampilan baca nyaring siswa maka pada penelitian ini digunakan media Pias-pias kata siswa kelas I di SD Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah upaya peningkatan Ketrampilan baca nyaring peserta didik kelas I SD Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan Ketrampilan baca nyaring  siswa Kelas I, Dimana sebelum diterapkannya media pias-pias kata pada kondisi awal ketuntasan  siswa  persentase rata-rata sebesar 30,00% yang tuntas. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, Ketrampilan baca nyaring siswa pada siklus I meningkat dingan dibuktikan dengan ketuntasan belajar menjadi 70 % dan pada siklus II 80%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
RENGAN, Rengan. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring dengan Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 147-159, dec. 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/319>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.319.