Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan

  • Riarohayati Riarohayati SDN Rikut Jawu

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom  Action Reseach) dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan , penelitian  ini bertujuan  untuk Peningkatkan Hasil Belajar Materi Menjaga Keutuhan NKRI melelui Metode Bermain Peran  dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Peserta didik Kelas V  di Sekolah  Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Untuk meningkatkan Hasil Belajar Menjaga Keutuhan NKRI siswa maka pada penelitian ini digunakan metode bermain peran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning siswa kelas V di SD Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah upaya peningkatan Hasil Belajar Menjaga Keutuhan NKRI peserta didik kelas V SD Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan tiap siklus dilakukan dalam dua kali pertemuan. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapantahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu: 1) Perencanaan/persiapan tindakan, 2) Pelaksanaan tindakan, 3) Observasi, dan  4) Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa terjadinya peningkatan hasil belajar siswa  siswa Kelas V, Dimana sebelum diterapkannya metode bermain peran dengan model pembelajaran Cooperative Learning pada kondisi awal ketuntasan  siswa  persentase rata-rata sebesar 33,33% yang tuntas. Namun setelah diterapkannya strategi tersebut, Ketrampilan baca nyaring siswa pada siklus I meningkat dingan dibuktikan dengan ketuntasan belajar menjadi 66,67 % dan pada siklus II 89%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
RIAROHAYATI, Riarohayati. Peningkatan Hasil Belajar pada Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Rikut Jawu Kecamatan Dusun Selatan. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 133-146, dec. 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/318>. Date accessed: 23 feb. 2025. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.318.