Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Materi Lingkungan dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Siswa Kelas V SDN 3 Mendawai
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA materi lingkungan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe picture and picture. Serta untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar IPA materi lingkungan setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. Memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas V SDN 3 Mendawai Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan tahun pelajaran 2021/2022 belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas V SDN 3 Mendawai Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan serta model pembelajaran kooeperatif tipe picture and picture ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran IPA pada materi lingkungan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.