Peningkatan Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Kongkrit Siswa Kelas IV SDN Mekar Tani

  • Sakura Sakura SDN Mekar Tani

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas belajar Matematika peserta didik IV SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai  Kabupaten Katingan dengan menggunakan media Kongkrit, dan Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik IV SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai  Kabupaten Katingan pada materi perkalian dengan menggunakan media Kongkrit. Metode  penelitian yang di gunakan adalah  PTK model Lewin, subjek penelitian ini adalah Peserta didik  dan Guru kelas IV  semester II tahun ajaran 2021/2022 SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai  Kabupaten Katingan, teknik mengumpulkan data digunakan  Tes Tertulis dan Observasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan analisis secara kualitatif  data-data diperoleh dari Data Tentang Hasil Belajar Peserta didik , Aktivitas belajar  Peserta didik  Dan Aktivitas Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar Peserta didik setelah menggunakan media Kongkrit  pada pelajaran matematika nampak menunjukkan kriteria yang sangat baik, pada pra tindakan aktivitas belajar Peserta didik mendapatkan skor 2,08 dengan kriteria kurang baik, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I skornya meningkat menjadi 3,5  dan masuk kriteria sangat baik. setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II skornya meningkat menjadi 4 dengan kriteria sangat  baik. (2) Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media benda Kongkrit ternyata ada peningkatan persentase hasil belajar Peserta didik, hal ini terbukti dari hasil data persentase hasil belajar Peserta didik pada siklus I yang di peroleh Peserta didik sebesar 77,53 % dengan Kriteria Tercapai,  dan pada siklus II  naik menjadi  97,47 %  dengan kriteria sangat tercapai,  dari semula pada Hasil tes pratindakan hanya sebesar  46,93 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
SAKURA, Sakura. Peningkatan Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Kongkrit Siswa Kelas IV SDN Mekar Tani. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 111-119, dec. 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/316>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.316.