Peningkatan Hasil Belajar Matematika menggunakan Media Kongkrit Siswa Kelas IV SDN Mekar Tani
Abstract
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas belajar Matematika peserta didik IV SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan dengan menggunakan media Kongkrit, dan Untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik IV SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan pada materi perkalian dengan menggunakan media Kongkrit. Metode penelitian yang di gunakan adalah PTK model Lewin, subjek penelitian ini adalah Peserta didik dan Guru kelas IV semester II tahun ajaran 2021/2022 SDN Mekar Tani Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan, teknik mengumpulkan data digunakan Tes Tertulis dan Observasi, sedangkan Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan analisis secara kualitatif data-data diperoleh dari Data Tentang Hasil Belajar Peserta didik , Aktivitas belajar Peserta didik Dan Aktivitas Guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar Peserta didik setelah menggunakan media Kongkrit pada pelajaran matematika nampak menunjukkan kriteria yang sangat baik, pada pra tindakan aktivitas belajar Peserta didik mendapatkan skor 2,08 dengan kriteria kurang baik, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I skornya meningkat menjadi 3,5 dan masuk kriteria sangat baik. setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II skornya meningkat menjadi 4 dengan kriteria sangat baik. (2) Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media benda Kongkrit ternyata ada peningkatan persentase hasil belajar Peserta didik, hal ini terbukti dari hasil data persentase hasil belajar Peserta didik pada siklus I yang di peroleh Peserta didik sebesar 77,53 % dengan Kriteria Tercapai, dan pada siklus II naik menjadi 97,47 % dengan kriteria sangat tercapai, dari semula pada Hasil tes pratindakan hanya sebesar 46,93 %.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.