Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Milda Milda SDN 1 Mendawai

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar PKn setelah diterapkannya pembelajaran kooperatif. (c) memberikan gambaran metode pembelajaran yang tepat dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dan menjadikan siswa aktif dalam kegiatan belajar mengajar.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran . setiap putaran terdiri dari empat tahap, yaitu : rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas  VI  SDN 1 Mendawai Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan tahun pelajaran 2013/2022 belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, yaitu siklus I (68,42%), siklus II (81,58%), siklus III (94,74%). Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa Kelas  VI  SDN 1 Mendawai Kecamatan Mendawai Kabupaten Katingan serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran PKn

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
MILDA, Milda. Peningkatan Prestasi Belajar PKn Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mendawai Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 88-98, dec. 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/314>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.314.