Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Penilaian Pembelajaran

  • Ahmad Solihin SMP Negeri 2 Permata Kecubung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru SMP Negeri 2 Permata Kecubung dalam menyusun alat penilaian pembelajaran melalui supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah (PTS), dengan pendekatan kualititatif. Data yang diperoleh dari hasil penelitian dipaparkan secara deskriptif dengan membandingkan kondisi sebelum tindakan dengan setelah tindakan dilaksanakan. Prosedur penelitian meliputi: (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan terhadap pelaksanaan tindakan, dan (4) refleksi terhadap hasil pengamatan tindakan. Hasil peningkatan kemampuan guru dalam penyusunan alat penilaian pembelajaran siswa di SMP Negeri 2 Permata Kecubung setelah dilakukan supervisi akademik oleh kepala sekolah mengalami peningkatan yang cukup baik. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dimulai pra siklus sampai ke siklus kedua. Pada pra siklus nilai rata-rata komponen alat evaluasi pembelajaran siswa sebesar 56.16%, kemudian pada siklus kesatu nilai rata-rata komponen alat evaluasi pembelajaran siswa naik menjadi  74.36% dan pada siklus kedua naik menjadi 85,03%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 31, 2022
How to Cite
SOLIHIN, Ahmad. Penerapan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kemampuan Guru Menyusun Penilaian Pembelajaran. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 2, p. 77-87, dec. 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/313>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i2.313.