Implementasi Metode Jigsaw Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Media Gambar Dalam Materi Hidup Gotong Royong Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas II SD Negeri 2 Tumbang Hiran Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Fokus dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahu implementasi metode Jigsaw Learning pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui media gambar dalam materi hidup bergotong royong untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas II SDN 2 Tumbang Hiran semester II tahun pelajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas. model kemmis dan taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, pengamatan, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan efektifitas pengunaan metode jigsaw learning dapat mendorong pengembangan pemikiran siswa kelas II semester II SDN 2 Tumbang Hiran Kecamatan Marikit. Selanjutnya dapat ditarik kesimpulan diantaranya yaitu: sebelum siklus siswa yang tuntas belajar 22,2%, pada siklus I yang tuntas belajar menjadi 61,1%, pada siklus II menjadi 100%, ketuntasan belajar siswa naik hingga mencapai 100%. Metode jigsaw learning dengan media gambar pada siklus I, hasil keaktifan belajar siswa lebih meningkat jika dibandingkan dengan pembelajaran pada prasiklus. Pada siklus II menunjukkan hasil belajar siswa semakin meningkat, sehingga hasil belajar siswa jauh lebih meningkat lagi sehingga seluruh siswa memperoleh nilai di atas KKM.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.