Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa

  • Novaria Marissa Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Sikap merupakan faktor internal psikologis yang sangat berperan dan akan mempengaruhi proses belajar. Seseorang akan mau dan tekun dalam belajar atau tidak sangat tergantung pada sikap peserta didik. Dalam hal ini sikap yang akan menunjang belajar seseorang adalah sikap positif (menerima/suka)terhadap bahan/mata pelajaran yang akan dipelajari, terhadap guru, yang mengajar, dan terhadap lingkungan belajar (kondisi kelas, teman-teman, sarana dan prasarana belajar, dan sebagainya). Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Apakah ada pengaruh sikap belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sampit? Metode yang digunakan dalam penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Metode ini digunakan karena peneliti berusaha mengetahui variable terikat (Prestasi Belajar) pada Siswa kelas XI IPS di SMAN 1 Sampit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sikap belajar berperan signifikan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa sesuai dengan hasil pengujian hipotesis di mana thitung  lebih besar dari pada ttabel (thitung =  2,6 dan ttabel = 2,048). Dalam perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai KD = 59% yang artinya : Besar pengaruh sikap belajar terhadap prestasi belajar siswa adalah 59%. Dan yang 41% hasil belajar siswa dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
MARISSA, Novaria. Pengaruh Sikap Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Geografi Siswa. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 32-45, june 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/276>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i1.276.