Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VI SDN Tumbang Pahanei Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Normila Normila SDN Tumbang Pahanei

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia dengan diterapkannya model pengajaran kolaborasi pada siswa Kelas VI SDN Tumbang Pahanei  Kecamatan  Marikit Kabupaten Katingan   Tahun Pelajaran 2020/2021 ? (b) Bagaimanakah pengaruh Model pengajaran kolaborasi terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa Kelas VI SDN Tumbang Pahanei  Kecamatan  Marikit Kabupaten Katingan   Tahun Pelajaran 2020/2021 ?Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkannya model pengajaran kolaborasi. (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar Bahasa Indonesia setelah diterapkan model pengajaran kolaborasi.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Tumbang Pahanei  Kecamatan  Marikit Kabupaten Katingan   Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I (51%) dan siklus II (89%). Simpulan dari penelitian ini adalah model pengajaran kolaborasi dapat berpengaruh positif terhadap prestasi, minat, perhatian dan partipasi, motivasi belajar Siswa SDN Tumbang Pahanei  Kecamatan  Marikit Kabupaten Katingan  , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran Bahasa Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
NORMILA, Normila. Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Model Pengajaran Kolaborasi Pada Siswa Kelas VI SDN Tumbang Pahanei Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 21-31, june 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/275>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i1.275.