Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran benda terapung, melayang dan tenggelam di kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan .Serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah digunakan metode ekprimen pada pelajaran benda terapung melayang dan tenggelam. Prosedur penelitian ini yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, evaluasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan beberapa teknik, yaitu melalui test tertulis, observasi, dan menugunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan prosentase perbandingan hasil belajar siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah tindakan.Dan mengunakan lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru. setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada meteri tentang magnet ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dari semula pada pre test hanya sebesar 50 %, dengan jumlah siswa yang tuntas hanya. 3 orang, persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 71,67 % dengan jumlah siswa yang tuntas naik menjadi 6 orang atau 100 % . Dan pada siklus II hasil belajar siswa naik menjadi 100 %. Dengan kegiatan eksperimen aktivitas belajar siswaakan menjadi lebih hidup suasana belajar seperti suasana bermain,dapat meningkankan keaktifan dan kerja sama siswa.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.