Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022

  • Dedeng Dedeng SDN Kuluk Leleng

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar siswa dalam pelajaran benda terapung, melayang dan tenggelam di kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan  .Serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa setelah digunakan metode ekprimen pada pelajaran benda terapung melayang dan tenggelam. Prosedur penelitian ini yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan atau observasi, evaluasi dan refleksi. Dalam pengumpulan data menggunakan beberapa teknik, yaitu melalui test tertulis, observasi, dan menugunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah menggunakan prosentase perbandingan hasil belajar siswa yang dilaksanakan sebelum dan sesudah tindakan.Dan mengunakan lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru. setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen pada meteri tentang magnet ternyata dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dari semula pada pre test hanya sebesar 50 %, dengan jumlah siswa yang tuntas hanya. 3 orang, persentase hasil belajar siswa pada  siklus I sebesar 71,67  % dengan jumlah siswa yang tuntas naik menjadi 6 orang atau 100 % . Dan pada siklus II hasil belajar siswa naik menjadi 100 %. Dengan kegiatan eksperimen aktivitas belajar siswaakan menjadi lebih hidup suasana belajar seperti suasana bermain,dapat meningkankan keaktifan dan kerja sama siswa.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2022
How to Cite
DEDENG, Dedeng. Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas IV SDN Kuluk Leleng Kecamatan Marikit Kabupaten Katingan Dalam Pelajaran Benda Terapung, Melayang dan Tenggelam Melalui Penggunaan Metode Eksperimen Tahun Pelajaran 2021/2022. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 9, n. 1, p. 9-20, june 2022. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/274>. Date accessed: 02 nov. 2024. doi: http://dx.doi.org/10.52947/meretas.v9i1.274.