Penerapan Model Think Talk Write dalam Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Sanden
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran think talk write dalam peningkatan keterampilan menulis laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sanden. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif. Data kuantitatif berupa hasil belajar yang dihitung melalui siklus I siklus II dan siklus III. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa melalui model think talk write pada siswa kelas X SMK Negeri 1 Sanden dapat meningkatkan keterampilan guru, dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru dan hasil belajar siswa siklus I, II, dan III meningkat sesuai dengan indikator keberhasilan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.