Peningkatan Kemampuan Siswa Kelas X SMAN 1 Balai Riam Pada Materi Trigonometri Menggunakan Model Jigsaw
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemmapuan siswa dalam memecahkan masalah pada materi geometri menggnakan model pembelajaran jigsaw pada siswa SMAN 1 Balai Riam. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw, di mana tiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu tahap mengidentifikas masalah, merencanakan masalah, menemukan solusi, dan pengecekan kembali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif berupa data tentang aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap pembelajaran. Sedangkan data kuantitatif berupa tes hasil belajar kemampuan pemecahan masalah matematik setelah melalui proses pembelajaran pada setiap siklus. Rata-rata peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0,33 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 11,54 %.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.