Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Penampakan Bumi Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri Suka Karya Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi, agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk mencari tahu dan berbuat sehingga dapat membantu siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alam sekitar. Untuk mewujudkan hal tersebut, dalam pembelajaran IPA, siswa perlu untuk membuktikan sendiri suatu konsep dengan melakukan peragaan dan belajar secara bertahap. Dengan menerapkan model demonstrasi dalam pembelajaran IPA, siswa akan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar bidang studi IPA materi penampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Suka Karya Jenamas Barito Selatan tahun pelajaran 2018/2019? dan (2) Bagaimanakah hasil belajar IPA materi materi penampakan bumi terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN Suka Karya Jenamas Barito Selatan tahun pelajaran 2018/2019 dengan menerapkan metode demonstrasi?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi IPA materi penampakan bumi pada siswa kelas IV SDN Suka Karya Jenamas Barito Selatan tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai pelaksana dan sekaligus peneliti.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.