Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Budaya Indonesia Dengan Menerapkan Model Cooperative Learning Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 2 Rangga Ilung Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Pembelajaran PKn tidak lagi mengutamakan pada penyerapan melalui pencapaian informasi, tetapi lebih mengutamakan pada pengembangan kemampuan dan pemrosesan informasi. Untuk itu aktivitas peserta didik perlu ditingkatkan melalui latihan-latihan atau tugas PKn dengan bekerja kelompok kecil dan menjelaskan ide-ide kepada orang lain. Langkah-langkah tersebut memerlukan partisipasi aktif dari siswa. Untuk perlu ada metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran. Adapun metode yang dimaksud adalah metode pembelajaran kooperatif. Berdasarkan latar belakang di atas, permasalahan yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah peningkatan hasil belajar bidang studi PKn dengan materi budaya Indonesia dengan menerapkan model Cooperative Learning pada siswa kelas IV SDN 2 Rangga Ilung Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan tahun pelajaran 2015/2016? (2) Bagaimanakah efektifitas penerapan model Cooperative Learning dalam pembelajaran PKn materi budaya Indonesia terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SDN 2 Rangga Ilung Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan tahun pelajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn materi budaya Indonesia dengan menerapkan model Cooperative Learning pada siswa kelas IV SDN 2 Rangga Ilung Kecamatan Jenamas Kabupaten Barito Selatan tahun pelajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam penelitian ini guru bertindak sebagai pelaksana dan sekaligus peneliti. Model rancangan penelitian ini mengacu pada model yang dikemukakan oleh Kemmis and Taggort (dalam Riyono, 2005) dengan langkah-langkah antara lain : (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan model cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi budaya Indonesia pada siswa kelas IV SDN 2 Rangga Ilung. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu kondisi awal : 75,79, siklus I : 80,86, dan siklus 2 : 86,75. Saran-saran yang dapat dikemukakan dalam penelitian adalah bahwa model cooperative learning merupakan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran PKn, sehingga dapat digunakan untuk materi maupun bidang studi yang lain baik di sekolah yang sama maupun di sekolah yang berbeda.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.