PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BALAI RIAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe group resume pada siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam dalam menulis karya ilmiah yang difokuskan pada aspek menulis pembukaan, isis, dan penutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes produktif, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis daya yaitu mendeskripsikan hasil penelitian secara diskriptif komparatif untuk data kuantitatif yang diperoleh melaluiĀ tes produktif dan Analisis diskriptif kualitatif terhadap data-data hasil observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum mengenai peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam yaitu mengalami peningkatan 0,35-0,98 atau 74%-81% untuk semua aspek yang dinilai. Hasil analisis data juga disimpulkan bahwa model pemeblajaran kooperatif tipe group resume dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.