PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BALAI RIAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH

  • Juhrini Fazrien SMAN 1 Balai Riam, Sukamara

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pemebelajaran kooperatif tipe group resume pada siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam dalam menulis karya ilmiah yang difokuskan pada aspek menulis pembukaan, isis, dan penutup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes produktif, observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis daya yaitu mendeskripsikan hasil penelitian secara diskriptif komparatif untuk data kuantitatif yang diperoleh melaluiĀ  tes produktif dan Analisis diskriptif kualitatif terhadap data-data hasil observasi, wawancara, dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum mengenai peningkatan kemampuan menulis karya ilmiah siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam yaitu mengalami peningkatan 0,35-0,98 atau 74%-81% untuk semua aspek yang dinilai. Hasil analisis data juga disimpulkan bahwa model pemeblajaran kooperatif tipe group resume dapat meningkatkan keterampilan menulis karya ilmiah pada siswa kelas XI SMAN 1 Balai Riam.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 25, 2020
How to Cite
FAZRIEN, Juhrini. PENERAPAN STRATEGI BELAJAR KOOPERATIF TIPE GROUP RESUME PADA SISWA KELAS XI SMAN 1 BALAI RIAM DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 104-114, june 2020. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/209>. Date accessed: 24 nov. 2024.