PENDIDIKAN SIAGA BENCANA: PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI

  • Evi Fitriana FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Bencana alam merupakan kejadian yang sangat potensial untuk terjadi di hampir seluruh wilayah Indonesia. Setiap terjadi sebuah bencana selalu membawa kesedihan bagi para korban dan keluarga korban, menyebabkan kerugian dan terdampak pada kegiatan sosial, ekonomi, budaya, lingkungan serta menghambat kemajuan bagi penghidupan rakyat. Untuk itu, perlu adanya upaya yang sistematik, terukur, terencana dan berkelanjutan dalam pengurangan resiko, pencegahan dan penanganan bencana. Satu-satunya cara yang dapat kita persiapkan untuk adalah dengan mempelajari dan menyusun strategi bertahan hidup dalam keluarga dan dan masyarakat jika terjadi bencana. Artikel ini membahas tentang peran guru  dalam mendidik anak-anak tentang kesiapsiagaan bencana dengan memanfaatkan pendidikan dan portal Web untuk pendidikan bencana. Seperangkat rencana pembelajaran untuk SD, SMP, dan SMA, berdasarkan Standar Geografi Nasional, menjelaskan tentang integrasi kesiapsiagaan bencana dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka yang mengkaji suatu masalah yang berkaitan dengan berbagai teori relevan yang terdapat dalam referensi ilmiah berupa jurnal, buku, media cetak dan elektronik kemudian data akan dianalisis dengan metode deskriptif. Pendidikan mitigasi bencana perlu diperkenalkan di tingkat sekolah di Indonesia. Sebagai salah satu upaya mempersiapkan masyarakat Indonesia kesiapsiagaan bencana. Pendidikan mitigasi bencana harus dimasukkan dalam kurikulum pendidikan terutama pada mata pelajaran yang memiliki keterkaitan tentang kebencanaan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2021
How to Cite
FITRIANA, Evi. PENDIDIKAN SIAGA BENCANA: PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 72-87, june 2021. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/204>. Date accessed: 02 nov. 2024.