ANALISIS KESALAHAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPS TUNAS AGRO SUBUR KENCANA

  • Diah Ayu Wulandari SMPS Tunas Agro Subur Kencana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan aspek kesalahan dan persentase kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII SMPS Tunas Agro Subur Kencana dalam menyelesaikan soal-soal terkait materi persamaan linear dua variabel. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan desriptif kuantitatif. Objek dalam penelitian yaitu kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan materi sistem persamaan linear dua variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, yaitu menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil yang ditunjukan dalam penelitian ini adalah indikator penyebabnyakesalahan dalam materi sistem persamaan linier dua variabel, yaitu kesalahan prinsip, kesalahan konsep, dan kesalahan keterampilan. Dengan persentase kesalahan dari setiap itemnya, yaitu kesalahan prinsip 54,28% dan kesalahan konsep 47%, dan kesalahan keterampilan sebesar 27,8%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2021
How to Cite
WULANDARI, Diah Ayu. ANALISIS KESALAHAN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII SMPS TUNAS AGRO SUBUR KENCANA. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 62-71, june 2021. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/203>. Date accessed: 02 nov. 2024.