PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI

  • Novaria Marissa FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar geografi dengan penggunaan metode peta konsep bagi siswa kelas XI SMAN – 1 Tewang Sangalang Garing. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Desain penelitian ini menggunakan modifikasi model Kemmis & McTaggart dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 25 siswa. Objek penelitian adalah meningkatkan hasil belajar Geografi melalui metode peta konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Instrument penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes atau evaluasi hasil belajar. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum diterapkannya metode peta konsep pada pembelajaran geografi, diperoleh sebanyak 5 siswa (20%) tuntas dan 20 siswa (80%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 60%. Namun setelah pembelajaran dengan menggunakan metode peta konsep dalam pembelajaran geografi pada siklus I dan II diperoleh data bahwa hasil belajar siswa meningkat. Hasil belajar siklus I menyatakan sebanyak 13 siswa (52%) tuntas dan 12 siswa (48%) belum tuntas dan nilai rata-rata kelas 70,24%. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 22 siswa (88%) tuntas dan 3 siswa (12%) belum tuntas dan  nilai rata-rata kelas 81,44%. Dengan adanya peningkatan yang terjadi pada siswa yang telah mencapai 88% maka dinyatakan bahwa standar keberhasilan telah mencapai 75% dan tuntas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 27, 2020
How to Cite
MARISSA, Novaria. PENGGUNAAN METODE PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 16-33, june 2020. ISSN 2303-0100. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/165>. Date accessed: 24 sep. 2020.