PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SPEAKING SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PKBM DARUSSA’ADAH KOTA PALANGKA RAYA
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa Paket B di PKBM Darussa’adah kota Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018/2019, dikarenakan adanya permasalahan yaitu hasil belajar mata pelajaran Bahasa Inggris khususnya kemampuan speaking masih rendah. Melalui media gambar permasalahan ini dicoba untuk diperbaiki dan ditingkatkan.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan speaking melalui penggunaan media cerita bergambar pada siswa Paket B di PKBM Daruss’adah Kota Palangka Raya.Prosedur penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Pada tahap observasi observer dan peneliti melakukan pengumpulan data dengan melakukan pengamatan terhadap aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui penggunaan media cerita bergambar pada pelajaran Bahasa Inggris.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa pada saat proses pembelajaran pada indicator partisipasi aktif pada siklus I sebesar 61,05% menjadi 75% pada siklus II meningkat 14%. Kemampuan guru dalam menggunakan media cerita bergambar kondisi awal 2,02 dalam criteria cukup baik menjadi 3,02 pada siklus I dan menjadi 3,42 dalam criteria sangat baik pada siklus II. Hasil belajar siswa pada tes akhir presentasi siswa tuntas belajar pada kondisi awal 12,50 % menjadi 50% pada siklus I dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Nilai rata-rata juga mengalami peningkatan dari 54,21 pada kondisi awal menjadi 61,05 pada siklus I dan pada siklus II 75.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.