ADANYA PERAN SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  • Kukuh Wurdianto FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Proses pembelajaran selama ini belum mampu menghasilkan siswa yang unggul dari hasil kedisiplinan guru saat melaksanakan pengajaran. Faktor yang penting bagi
memotivasi guru adalah dengan memperoleh sertifikat pendidik melalui program sertifikasi. Melalui sertifikasi guru diharapkan mampu meningkatkan kedisiplinan serta memotivasi guru untuk melakukan perencanaan pembelajaran secara baik serta meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hal lain juga melalui sertifikasi, guru lebih siap melaksanakan pembelajaran secara disiplin sesuai rancangan pembelajaran yang telah ditetapkan pada awal tahun ajaran. Sedangkan aktifitas yang terpenting lainnya, yaitu diharapkan para guru berkemampuan untuk melaksanakan evaluasi pembelajaran pada satuan pendidikan formal secara konsisten melalui penilaian ulangan harian, pemberian tugas, ulangan tengah semester dan ulangan semester. Kegiatan evaluasi juga harus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan demi meningkatkan kualitas pembelajaran pada madrasah. Kesemua ini telah dilakukan secara baik oleh guru sertifikasi dalam
menerapkan kedisiplinan untuk mengelola pembelajaran secara profesional di masing-masing madrasah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 17, 2019
How to Cite
WURDIANTO, Kukuh. ADANYA PERAN SERTIFIKASI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEDISIPLINAN GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 142-152, dec. 2019. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/158>. Date accessed: 02 nov. 2024.