POTENSI PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM MEMPERKENALKAN KEARIFAN LOKAL SUKU DAYAK SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN STUNTING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap potensi pembelajaran sejarah dalam memperkenalkan kearifan lokal suku Dayak kepada generasi muda sebagai upaya pencegahan Stunting di Kalimantan Tengah. Jenis kajian yang digunakan penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan melalui penelusuran berbagai pustaka ilmiah yang terkait dengan fokus kajian. Pembelajaran sejarah dapat menjadi sarana efektif untuk mengintegrasikan pengetahuan tentang kearifan lokal ini ke dalam kurikulum pendidikan, hal ini dilakukan melalui pendekatan interdisipliner yang menggabungkan aspek historis, budaya, dan sains untuk mengajarkan berbagai kearifan lokal suku Dayak kepada peserta didik, sebagai upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi dan kesehatan dalam mencegah Stunting. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kolaborasi antara pendidikan formal dan kearifan lokal pada pembelajaran sejarah dapat digunakan sebagai langkah proaktif dalam pencegahan Stunting, dan membangun generasi muda yang sehat secara fisik dan mental
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.