MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK KASAR DENGAN MENGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL MANYIPET PADA SISWA LAKI-LAKI KELAS V DI SD NEGERI 7 BUKIT TUNGGAL 7

  • Akhmad Syarif

Abstract

Permainan manyipet merupakan permainan tradisional yang ada di Indonesia. Namun permainan tradisional tersebut kini semakin terkikis keberadaannya sedikit demi sedikit khususnya di kota-kota mungkin untuk anak-anak sekarang ini banyak yang tidak mengenal permainan tradisional yang ada padahal permainan teradisional adalah permainan warisan nenek moyang rakyat Indonesia. Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar atau seluruh anggota tubuh atau sebagai besar atau seluruh angggota tubuh yang dipengaruhi oleh kematangan anak itu sendiri. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh pengaruh olahraga permaianan tradisional terhadap peningkatan gerak motorik kasar padas siswa Laki-Laki Sekolah Dasar Negeri 7 Bukit Tunggal. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kemampuan motorik kasar jumlah 20 anak. Rancangan penelitian mengacu pada model penelitian Kemmis & Mc. Taggart. Dikumpulkan melalui lembar observasi, dokumentasi dan pemberian tugas. Pra tindakan, aspek keseimbangan tubuh anak katagori BSB 10%, BSH 10%, MB 5%, 30% BB. Aspek kekuatan tubuh anak, katagori BSB 5%, BSH 15%, MB 20%, dan BB 30%. Aspek klelincahan tubuh anak, 10% BSB, 15% BSH, MB 1% dan BB 50%.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 23, 2019
How to Cite
SYARIF, Akhmad. MENINGKATKAN KEMAMPUAN GERAK MOTORIK KASAR DENGAN MENGUNAKAN PERMAINAN TRADISIONAL MANYIPET PADA SISWA LAKI-LAKI KELAS V DI SD NEGERI 7 BUKIT TUNGGAL 7. JURNAL MERETAS, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 179 - 189, mar. 2019. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/92>. Date accessed: 15 oct. 2019.