PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (STUDI KASUS PADA “HUMA BACA ITAH” DESA SAMBA BAKUMPAI KECAMATAN KATINGAN TENGAH KABUPATEN KATINGAN)

  • Dewi Ratna Juwita
  • Mantili Mantili Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Huma baca itah merupakan lembaga belajar masyarakat, dengan berbagai strategi yang dikemas dan kembangkan mampu menarik perhatian masyarakat, maka Kehadiran Huma Baca Itah ini harapakan dapat membantu berbagai masalah dan kerbatasan akses pendidikan oleh masyarakat Desa Samba Bakumpai dan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana : 1). Respon masyarakat terhadap adanya “Huma Baca Itah” 2). Upaya pemenuhan kebutuhan belajar masyarakat melalui “Huma Baca Itah” 3). Dampak dari adanya “Huma Baca Itah” bagi masyarakat Desa Samba Bakumpai 4). Apa
saja kendala yang dihadapai dalam “Huma Baca Itah” ? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif karena permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini tidak berkenaan dengan angka-angka, tetapi mendeskripsikan, menguraikan dan menganalisis. Penelitian ini melibatkan masyarakat pengunjung/pemanfaat Huma Baca Itah, pengelola dan tokoh masyarakat Desa Bakumpai Kecamatan Katingan Tengah Kabupaten Katingan sebagai subjek penelitian. Informan/partisipan yang menjadi subjek penelitian, ditentukan dengan menggunakan teknik bola salju (Snowball Technique).
Adapun pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data dari sumber data (subyek) : 1) observasi; 2) wawancara; 3) dokumentasi. Prosedur pengolahan data kualitatif dilakukan berdasarkan model analisis interaktif sebagaimana dikembangkan oleh Miles & Huberman (1992; 20) Analisis data pada model ini terdiri dari empat langkah yang saling berinteraksi yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan (verifikasi).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Mar 23, 2019
How to Cite
JUWITA, Dewi Ratna; MANTILI, Mantili. PEMENUHAN KEBUTUHAN BELAJAR MASYARAKAT MELALUI PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (STUDI KASUS PADA “HUMA BACA ITAH” DESA SAMBA BAKUMPAI KECAMATAN KATINGAN TENGAH KABUPATEN KATINGAN). JURNAL MERETAS, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 148 - 164, mar. 2019. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/90>. Date accessed: 07 dec. 2019.