ANALISIS GERAKAN FEMINIS DI BIDANG EKONOMI PADA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER

  • Theresia Dessy Wardani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gerakan feminis di bidang ekonomi tokoh utama perempuan dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, yaitu dokumen. Penelitian ini menggunakan transkrip novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi, yaitu dengan mengidentifikasi data, mengklasifikasi data, analisis data dan kotribusi hasil penelitian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya gambaran gerakan feminis di bidang ekonomi dalam hal pembagian pekerjaan, gerakan feminis di bidang ekonomi dalam hal pembagian hasil kerja, gerakan feminis di bidang ekonomi dalam hal pemenuhan kebutuhan jasmani, gerakan feminis di bidang ekonomi dalam hal pemenuhan kebutuhan rohani.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 27, 2018
How to Cite
WARDANI, Theresia Dessy. ANALISIS GERAKAN FEMINIS DI BIDANG EKONOMI PADA TOKOH UTAMA PEREMPUAN DALAM NOVEL MIDAH SIMANIS BERGIGI EMAS KARYA PRAMOEDYA ANANTA TOER. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 5, n. 1, p. 1-10, june 2018. ISSN 2614-2236. Available at: <https://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/69>. Date accessed: 20 apr. 2024.