PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS SOFTWARE LIVEWIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF

  • Sulistyaning Kartikawati FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Arif L FKIP Universitas PGRI Madiun

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Instalasi Penerangan Listrik berbasis Sofware Livewire untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dengan validasi produk dari beberapa pihak yaitu teman sejawat, ahli materi, dan ahli media. Prosedur pengembangan menggunakan prosedur 4D (Define, Design, Develop, Desseminate). Adapun hasil penilaian dari para validator ditinjau dari aspek pembelajaran termasuk dalam kategori layak dengan tingkat kelayakan 79,7%, ditinjau dari aspek materi termasuk dalam kategori layak dengan tingkat kelayakan 77,2%, dan ditinjau dari aspek media termasuk dalam kategori layak dengan tingkat kelayakan 75,7%. Sampel penelitian ini adalah 20 mahasiswa secara keseluruhan. Mayoritas tanggapan mahasiswa menyatakan layak sebagai media pembelajaran untuk mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektro dengan rerata skor pada seluruh butir pertanyaan sebesar 70,62%. Dari total seluruh jumlah kelayakan para reviewers dari aspek pembelajaran, aspek materi, dan aspek media mendapatkan skor rerata 77,5%. Dengan nilai skor tersebut media ini sudah dapat dikategorikan layak sebagai media pembelajaran yang menarik. Dari hasil penelitian juga diperoleh bahwa kemampuan berpikir kreatif dari mahasiswa mengalami peningkatan dari kategori rendah menjadi kategori tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2021
How to Cite
KARTIKAWATI, Sulistyaning; L, Arif. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK BERBASIS SOFTWARE LIVEWIRE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 98-104, june 2021. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/206>. Date accessed: 17 sep. 2021.