EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 MUARA TEWEH TAHUN PELAJARAN 2020/2021

  • Hendri Panggayuh SMA Negeri 5 Muara Teweh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Muara Teweh Tahun Ajaran 2020/2021 dengan model pembelajaran blended learning. Penelitian ini akan dilaksanakan di SMA Negeri 5 Muara Teweh pada kelas X IPS 1 semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021. Adapun jumlah peserta didik sebanyak 30 siswa yang terdiri dari 18 laki-laki dan 12 perempuan. Kegiatan penelitian yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan, dan pelaporan akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020 sampai dengan bulan Desember 2020. Siklus pelaksanaan PTK dilakukan melalui empat tahap, yakni: (1) Perencanaan tindakan, Dalam tahap ini peneliti melakukan identifikasi masalah kemudian setelah menemukan masalah, perlu segera melakukan langkah analisis terhadap penyebab adanya masalah yang akan dijadikan landasan berpikir untuk mencari alternatif suatu tindakan atau aksi yang dapat dikembangkan sebagai bentuk solusi atau pemecahan masalah. (2) Pelaksanaan tindakan, Setelah ditetapkan bentuk tindakan (aksi) yang dipilih sesuai dengan rencana pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, Kegiatan observasi atau pengamatan dalam penelitian tindakan kelas dilakukan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran lengkap secara obyektif tentang perkembangan proses pembelajaran, dan pengaruh dari tindakan yang dipilih terhadap kondisi kelas dalam bentuk data. (4) Refleksi, Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengemukakan kembali apa yang sudah dilakukan Refleksi dilakukan untuk mengadakan evaluasi yang dilakukan guru atau pengamat. Pada kegiatan refleksi ini ditelaah aspek-aspek mengapa, bagaimana, dan sejauh mana tindakan yang dilakukan mampu memperbaiki masalah secara bermakna. Kesimpulan hasil penelitian ini dapat dikemukakan bahwa Efektivitas model pembelajaran blended learning pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Muara Teweh dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif sebesar 7,5% ditunjukkan dari selisih nilai rata-rata siklus I, II dan III. Efektivitas model pembelajaran blended learning pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Muara Teweh dapat meningkatkan hasil belajar ranah afektif sebesar 19,25% ditunjukkan dari selisih nilai rata-rata siklus I, II dan III. Efektivitas model pembelajaran blended learning pada peserta didik kelas X IPS 1 SMA Negeri 5 Muara Teweh dapat meningkatkan hasil belajar ranah psikomotor sebesar 7,5% ditunjukkan dari selisih nilai rata-rata siklus I, II dan III.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 30, 2021
How to Cite
PANGGAYUH, Hendri. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 5 MUARA TEWEH TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 43-61, june 2021. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/202>. Date accessed: 17 sep. 2021.