PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR

  • Kukuh Wurdianto FKIP Universitas PGRI Palangka Raya

Abstract

Pada dasarnya kegiatan Kepramukaan memiliki tujuan untuk melatih generasi muda agar memaksimalkan setiap potensi yang ada di dalam dirinya, baik itu intelektual, spiritual, sosial, dan fisik. Tujuan penelitian ini di tujukan untuk mengetahui pengaruh kegiatan ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar siswa/i di SMAN – 10 Palangka Raya.


Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif, dan dikarenakan hasil dari angket penelitian berupa angka. Setelah dilakukan analisis dan evaluasi terhadap data penelitian berdasarkan analisis data, maka peneliti menarik beberapa kesimpulan yaitu: Siswa yang aktif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka paling banyak mendapat nilai 8 berjumlah 14 siswa sedangkan siswa yang pasif mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka mendapat nilai 7 sebanyak 10 siswa dan 1 orang siswa mempunyai nilai di bawah 7. Hasil ini berada pada kategori sedang. Sedangkan hasil analisis pada pegujian statistic diperoleh hasil uji hipotesis bahwa  r-hitung validitas ke - 12 item pernyataan adalah lebih besar dari r-tabel (0,3365) maka H0 di tolak dan Ha di terima, artinya terdapat pengaruh antara kegiatan ekstrakurikuler terhadap prestasi belajar siswa di SMA Negeri 10 Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Jun 27, 2020
How to Cite
WURDIANTO, Kukuh. PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKULIKULER TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Meretas: Jurnal Ilmu Pendidikan, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 34-48, june 2020. ISSN 2303-0100. Available at: <http://jurnal.upgriplk.ac.id/index.php/meretas/article/view/166>. Date accessed: 13 july 2020.